Tips Smartphone jadi Remote

Barang elektronik (TV, AC, DVD Player, dan lain – lainnya) ternyata bisa dikontrol dengan smartphone Android lho. Bagaimana caranya?

Syaratnya adalah sebagai berikut

1. Punya smartphone sendiri. Hehe..😂

2. Smartphone tersebut mempunyai sensor infrared (dibaca: infra merah) 😂

3. Download dan install aplikasi remote (seperti: mi remote, ir remote) di playstore

Smartphone Redmi note selain memiliki fiture kamera cepat, juga mempunyai sensor infra merah untuk remote.

Sensor infra merah saat ini sudah jarang digunakan untuk mentransfer data karena fungsinya sudah digantikan oleh Bluetooth maupun Wi-Fi Direct.

Namun sensor infra merah pada smartphone ini cukup menarik karena berfungsi sebagai Remote atau remote perangkat elektronik, seperti DVD Player, Televisi, AC, kipas angin, speaker, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan kemampuan ini, cukup memiliki aplikasi Mi Remote. Nantinya pada halaman utama aplikasi ini, bisa memilih menu Settings terlebih dahulu pada lambang gerigi di bagian kanan atas.

Setelah memilihnya, dapat langsung kembali dan memilih Pair New Remote. Nantinya akan dihadapkan pada berbagai perangkat elektronik, seperti Mi Box, Mi TV, TV, Cable Box, AC, kipas,speaker, DVD Player, dan masih banyak lagi.




Selanjutnya, pilih perangkat elektronik yang diinginkan dan akan muncul merek-merek perangkat elektronik dunia terkenal, bahkan merek Tiongkok pun muncul. Kemudian pilih tombol Tap to pair dan akan muncul tombolDevice Responded serta Tap to continue. Sebaiknya memilih Tap to continue.

Selanjutnya ketika perangkat elektronik merespon maka secara otomatis akan muncul secara otomatis nama perangkat elektronik tersebut dan dapat langsung menekan Paired.

Nantinya akan muncul bentuk remote yang disesuaikan dengan perangkat elektroniknya, apabila TV maka remote akan dominan dengan angka, tombol power, volume, channel, dan masih banyak lagi. Sementara AC akan muncul tingkat suhu, jenis kipas, dan masih banyak lagi.

Nah, dengan menggunakan Mi Remote ini dapat dengan mudah mengganti remote yang hilang dengan smartphone. Namun sebagai catatan, jangan dipakai untuk mengerjai orang ya. Selamat mencoba.

26 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *