Kereta Api Wijayakusuma jurusan Cilacap Yogyakarta Solo

Kabar gembira untuk warga Cilacap dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang selama ini stasiun Cilacap hanya tujuan Jakarta. Maka akan ada jurusan baru yaitu Cilacap-Yogyakarta-Solo.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap meluncurkan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo pada tanggal 26 September 2017, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

“Peluncuran KA Wijayakusuma merupakan bentuk apresiasi PT KAI (Persero) kepada para pelanggannya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-72 PT KAI,” katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Ia mengatakan KA Wijayakusuma akan menggunakan rangkaian kereta baru kelas ekonomi premium sehingga diharapkan dapat memberi kenyamanan bagi penumpang.

Menurut dia, nama Wijayakusuma bagi warga Cilacap sudah tidak asing lagi karena merupakan nama salah satu bunga yang tumbuh di Pulau Nusakambangan.

“Pemilihan nama tersebut diharapkan menambah keakraban bagi warga Cilacap dan sekitarnya yang menggunakan kereta api sebagai transportasi utama jika akan bepergian,” katanya.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan perjalanan perdana KA Wijayakusuma dilaksanakan dari Stasiun Cilacap pada hari Selasa (26/9), pukul 14.10 WIB, serta dijadwalkan akan berhenti di beberapa stasiun, yakni Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates, dan Yogyakarta.




Sementara untuk jadwal perjalanan setiap harinya, dia mengatakan KA 10590 Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogyakarta dengan stasiun pemberhentian di Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, serta Wates, diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 08.20 WIB.

Selanjutnya, KA 10331 relasi Yogyakarta-Cilacap dengan stasiun pemberhentian di Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya, serta Maos, diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 13.30 WIB.

KA 10592 relasi Cilacap-Solo dengan stasiun pemberhentian Maos, Kroya, Sumpiuh, Tambak, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Prembun, Butuh, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, serta Purwosari, diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 14.10 WIB dan tiba di Stasiun Solobalapan pukul 19.13 WIB.

KA 10557 Wijayakusuma relasi Solo-Cilacap dengan stasiun pemberhentian Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kroya, Sikampuh, serta Maos, diberangkatkan dari Stasiun Solobalapan pada pukul 19.45 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 01.00 WIB.

“Khusus untuk keberangkatan tanggal 26 September hingga 26 Desember 2017, penumpang KA Wijayakusuma akan mendapatkan tarif promo,” kata Ixfan.

Dalam hal ini, kata dia, tarif dari Cilacap menuju Yogyakarta/Lempuyangan sebesar Rp50.000 sedangkan Cilacap menuju Solo sebesar Rp70.000.

Selain itu, lanjut dia, ada pula tarif spesial untuk rute jarak dekat, yakni Kutoarjo-Yogyakarta/Lempuyangan dan sebaliknya sebesar Rp25.000, Kroya-Cilacap dan sebaliknya Rp20.000, serta Yogyakarta-Solo dan sebaliknya Rp40.000.

Ia mengatakan pemesanan tiket KA Wijayakusuma sudah dapat dilayani melalui loket stasiun daring, aplikasi “KAI Access”, maupun kanal resmi yang bekerja sama dengan PT KAI.

“Kami berharap informasi ini bisa menjawab kesimpangsiuran berita tentang rencana pengoperasian KA relasi Cilacap-Yogyakarta-Solo yang sempat beredar di masyarakat beberapa waktu terakhir,” katanya.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *