Buang sampah dijalan? Gak keren banget!

Baru-baru sedang viral video dan berita duel antara pengendara mobil berwarna merah dengan anggota TNI, seperti dirilis oleh banyak berita penyebabnya karena mobil membuang sampah sembarangan dijalan. Semoga bisa kita ambil hikmahnya ya.


Apapun kendaraan kita atau sampai tidak berkendara, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Jika menggunakan mobil, berikut tipsnya:
1. Siapkan kantong plastik
2. Letakan dilokasi yang mudah dijangkau
3. Kumpulkan sampai dikantong tersebut
4. Buang sampah yang terkumpul tersebut ketika berhenti ditempat sampah yang lebih besar kapasitasnya




Hati-hati, sebab membuang sampah sembarangan telah difatwakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia. Fatwa MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 47 Tahun 2014 Tentang PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN LINGKUNGAN ini dikeluarkan pada akhir tahun 2014 dengan mengambil pertimbangan dari ayat-ayat Al-Quran dan As-Sunnah.

Salah satu ayat yang dijadikan pertimbangan adalah ”Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya” (QS. Al-A’raf [7]: 56).

Juga hadits Rasulullah swt: ”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”.  (HR. At-Tirmidzi)

Berikut ini adalah ketentuan hukum dari fatwa tersebut. Yuk, kita ikuti!

  1. Setiap muslim wajib menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan barang-barang gunaan untuk kemaslahatan serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit serta perbuatan tabdzir dan israf.
  2. Membuang sampah sembarangan dan/atau membuang barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diri maupun orang lain hukumnya haram.
  3. Pemerintah dan Pengusaha wajib mengelola sampah guna menghindari kemudharatan bagi makhluk hidup.
  4. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan umat hukumnya wajib kifayah.
7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *